Pemanfaatan Tanaman Obat Herbal Untuk Kesehatan

Herb.co.id – Tanaman obat adalah salah satu kekayaan alam yang ada di Indonesia. Pemanfaatan tanaman obat herbal telah dipakai sejak ratusan tahun lalu oleh masyarkat kita.

Konon katanya berbagai resep obat herbal kuno dari nusantara. Telah dikenal secara turun temurun hingga saat ini. Dan masih eksis dipakai dalam menjaga kesehatan masyarakat Indonesia.

Tujuan dari pemanfaatan tanaman obat, mulai dari sebagai preventiv, kuratif, promotif, rehabilitatif dalam upaya menjaga kesehatan, baik sehat jasmani, rohani, sosial serta ekonomi.

1. Pengertian Obat Tradisonal menurut Undang-Undang

Pengertian obat tradisional dapat diartikan berbeda-beda, salah satunya pengertian menurut Pasal 1 dalam Undang-Undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009. Dalam Undang-Undang tersebut menyatakan seara jelas dan detail.

Obat tradisonal adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian/ galenik atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

2. Pemanfaatan Obat Herbal Tradisonal di Indonesia

Tak hanya memuat tetang penjelasan dari obat tradisonal,pemerintah juga mengatur terkait pemanfaat dari obat herbal. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 61 Undang-Undang Kesehatan No. 36 Tahun 2009.

Masyarakat diberi kesempatan yang seluas-luasnya untuk mengembangkan ,meningkatkan dan menggunakan pelayanan kesehatan tradisional yang dapat dipertanggungjawabkan manfaat dan keamanannya.

Maka agar menajdia warga negara yang baik menurut Undang-Undang di atas. Salah satu cara yang dapat ditempuh, yakni denga memanfaatkan tanaman obat di Indonesia sebagai obat tradisional.

3. Kelebihan Obat Herbal Alami dibanding Obat Kimia

Seperti diketahui kalau obat kimia atau saat ini orang awam menyebut sebagai obat modern. Memang dikenal kerap menimbulkan berbagai efek samping yang kurang baik untuk tubuh.

Terutama bagi penderita yang sering mengkonsumsi obat kimia dalam jangka panjang. Biasanya efek samping yang merugikan akan mulai tampak.

Hal inilah yang membuah ekstitensi dari obat tradisonal berbahan tanaman herbal. Selain harga terbilang cukup terjangkau, dalam memperoleh dan mengolah cukup mudah.

Baca: Apa Pengertian Herbal dan Jamu Menurut Para Ahli

Selain itu yang paling penting yakni efek samping dari obat berbahan alam. Kabarnya efek samping lebih kecil, dibandingkan dengan efek samping obat dari bahan kimia.

4. Bagaimana Sifat Pengobatan dengan Obat Herbal

Walaupun obat bahan tanaman alami memilik efek samping lebih kecil. Namun dalam proses penyembuhan, obat bahan kimi bisa mendapat hasil lebih cepat.

Lambatnya proses penyembuhan dari obat herbal alami, disebabkan dari sifat dari pengobatan itu sendiri.

Sifat dari obat bahan alami dalam pengobatannya bersifat konstruktif. Hal tersebut lantaran dalam memperbaiki bagian yang tengah terserang penyakit.

Baca: Perkembangan Pemakaian Obat Herbal di Luar Negeri

Pengobatan dilakukan secara perlahan, tapi menyeluruh. Tentu saja tujuan untuk mengobati keluhan penyakit serta tetap menjaga kesehatan tubuh.

Editor: Heru Setianto

Source Image: Pixabay

Source: UU Kesehatan No. 36 Tahun 2009

Tinggalkan komentar

Pin It on Pinterest

Share This