4 Kelompok Tumbuhan Liar Termasuk Obat Herbal

Herb.co.id – Eksitensi akan pemanfataan tanaman herbal alami sebagai obat tradisonal memang tak lengkang oleh waktu. Tak terkecuali di Indonesia, masyarakat masih dekat akan pengobatan tradisonal.

Walaupun perkembangan dunia kesehatan yang semakin modern. Nyatanya pengobatan dari obat alami menjadi alternatif utama pilihan masyarakat kota dan pedesaan.

Menurut Balai Penelitian Teknologi Agroforestry, tak hanya tumbuhan obat ternama saja yang menjadi obat berbagai penyakit. Beberapa tumbuhan liar (gulma), tercatat memiliki potensi sebagai tumbuhan obat.

1. Obat Herbal dari Tumbuhan Herba

Menurut Hasil eksplorasi dari Balai Penelitian Teknologi Agroforestry memperoleh sekitar 48 jenis vegetasi gulma dari 27 famili kala itu.

Dari sekian tumbuhan liar, beberapa diantaranya telah teridentifikasi sebagai tumbuhan obat. Salah satunya adalah tumbuhan yang masuk dalam kategori “herb”.

Tumbuhan herba dalam bidang pengobatan dikenal sebagai bagian tumbuhan segar atau berkadar air tinggi.

Biasanya tumbuhan herba dipakai dalam banyak hal, mulai dari bahan penyegar (tonikum), pengobatan, dan bahan penyulingan (seperti penyulingan dalam mengambil minyak atsirinya).

2. Obat Herbal dari Tumbuhan Terna

Terna merupakan tumbuhan yang memiliki batang lunak disebabkan tak membentuk kayu. Tumbuhan yang masuk terna, biasanya tumbuhan semusim, dwimusim, atau tahunan.

Pada umunya tumbuhan yang kerap disebut terna adalah tumbuhan berpembuluh (tracheophyta).

Ukuran dari tumbuhan ini yakni <2 meter, tak diperuntukkan untuk tumbuhan non kayu yang merambat.

Namun terkadang ada tumbuhan terna yang menghasilkan jaringan berkayu (terlignifikasi). Tentu saja jaringan berkayu tersebut hanya ada pada bagian seperti pangkal batang utama saja.

3. Obat Herbal dari Tumbuhan Paku

Tumbuh paku adalah sebuha kelompok tanaman dari satu divisi tumbuhan yang sudah memiliki sistem pembuluh sejati (kormus).

Namun tumbuhan tersebut tak menghasilkan biji untuk reproduksinya. Tumbuhan paku masih memakai spora sebagai alat perbanyakan generatif.

Kabarnya tumbuhan paku tersebar di dunia, memiliki total sekitar 10.000 spesies. Bahkan tercatat ada sekitar 3.000 spesies tumbuhan paku tersebut tumbuh di Indonesia.

Tumbuh subur tumbuhan paku di Indonesia, tak lepas dari sebagian besar paku memang tumbuh di daerah tropika basah yang lembab

4. Obat Herbal dari Tumbuhan Perdu atau Semak

Selain tumbuhan liar seperti paku, terna dan herba saja yang memiliki potensi menjadi obat herbal. Ternyata tumbuhan dari kategori perdu ternyata memiliki potensi yang sama.

Perdu atau semak merupakan suatu kategori tumbuhan yang memang berkayu, namun berbeda dengan pohon. Hal tersebut lantaran perdu memiliki cabangnya yang cukup banyak.

Selain itu tumbuhan perdu juga memiliki ketinggian lumayan rendah, yakni sekitar kurang dari 5 meter.

Baca: Pemanfaatan Tanaman Obat Herbal Untuk Kesehatan

Walapun begitu, namun terkadang tumbuhan ini juga dapat berupa pohon atau. Hal ini tergantung dari kondisi pertumbuhannya.

5. Obat Herbal dari Tumbuhan Rumput

Tumbuhan terakhir yang masuk sebagai obat alami dari tumbuhan liar atau gulma yaitu rumput.

Rumput merupakan sebuah tumbuhan pendek yang sering dan mudah dijumpai. Bahkan bisa dibilang tumbuh subur diberbagai tempat, seperti halaman, kebuh hingga lapangan.

Dari sekian tumbuhan liar, rumput bisa dibilang sebagai gulma yang paling menggangu.

Baca: Perkembangan Pemakaian Obat Herbal di Luar Negeri

Terelpas dari fakta tersebut, ternyata terdapat beberapa jenis rumput yang telah teridentifikasi memiliki hasiat sebagai obat herbal.

Editor: Heru Setianto

Source Image: Pixabay

Source: Net, Tumbuhan Liar Berkhasiat Obat (2017)

Tinggalkan komentar

Pin It on Pinterest

Share This